HELLO GENK!?

Pengembaraan BW 2019 Divisi Hutan Gunung

Gunung Guntur di Kabupaten Garut dipilih sebagai lokasi kegiatan Pengembaraan
Anggota Muda Bhuanawarman angkatan Halimun Tepus
BHUANAWARMAN.COM - Pengembaraan merupakan salah satu program pasca PDBW yang harus dilaksanakan oleh Anggota Muda untuk memenuhi syarat menjadi Anggota Biasa Bhuanawarman. Kegiatannya berupa perjalanan secara berkelompok sesuai peminatan yang dipilih sekaligus menerapkan dan mengasah keterampilan materi kepencintaalaman yang telah dipelajari sebelumnya.

Jum'at 19 April 2019 adalah hari dimana kami sudah merencanakan akan melakukan pengembaraan ke Gunung Guntur yang terletak di Kabupaten Garut. Dalam susunan kegiatan (rundown) yang sudah kami buat, titik kumpul pemberangkatan adalah di alun-alun Cimalaka. Karena beberapa kendala, jam berangkat ngaret dari yang seharusnya pukul 08.00 menjadi pukul 09.30.


Berdoa sebelum mulai mendaki. (Reza Herdiana/HT)
Selama perjalanan menuju Garut, kami mengobrol agar tidak bosan. Pukul 12.45 kami sampai di basecamp G. Guntur kemudian istirahat sejenak dan sholat dzuhur terlebih dahulu.

Pukul 14.00 kami mulai mendaki dan singkat cerita, sekitar pukul 18.15 kami sampai di pos 3 (campsite). Kami mendirikan tenda dan bermalam di pos 3 untuk melanjutkan perjalanan ke puncak (summit attack) pada pukul 04.00 untuk menuju puncak 1. Alhamdulillah sekitar pukul 7 pagi kami sampai puncak 1. Di puncak 1 kami melakukan observasi dan mempraktekan materi kami masing-masing dipandu oleh ALB yang menjadi pembimbing.


Praktek materi navigasi darat. (Syahnaz L/GKR)
Pukul 10.12 kami turun dari puncak 1 dan sampai di pos 3 pukul 11.20, segera packing ulang untuk turun kembali ke pos 2, pos 1, dan basecamp. Pukul 16.25 kami sampai di basecamp dan langsung beristirahat sholat dan makan. 

Kami menginap 1 malam lagi di basecamp untuk melakukan sosiologi pedesaan, mencari tahu sejarah dan kebudayaan yang terdapat di sekitaran basecamp Gunung Guntur. Pukul 22.00 kami melakukan wawancara kepada salah satu pemilik warung di basecamp yang mengetahui sejarah tentang Gunung Guntur. Selesai wawancara sekitar pukul 23.58 kami langsung tidur.



Masak untuk makan malam. (Reynate Firyal/HT)
Minggu 21 April 2019 pukul 07.15 kami bangun dan packing ulang untuk bersiap-siap pulang ke Sumedang. Setelah beres packing dan sarapan kami mulai perjalanan pulang sekitar pukul 09.30, pada pukul 12.00 kami sampai di Sumedang dengan selamat.


Turun dari Puncak.( Andre M Rizki/HT)
___

Penulis/Peserta: Reynate Firyal/HT, Vena Oktaviani/HT, Sulistriani/HT, Misbach/HT, Fajar Aziz/HT, Rhakean/HT
Waktu: 19-21 April 2019
Lokasi: Gunung Guntur, Kab. Garut - Jawa Barat
Editor: BW 202 RL

Tidak ada komentar