HELLO GENK!?

(Buku) Jejak Sang Beruang Gunung – Hidup dan Petualangan Norman Edwin


“Gua akan terus berjalan dan lo masih tertarik, lo pasti akan senang mendengar cerita-cerita gwa. Karena gwa sering cerita orang-orang akan merasa akrab dan bila tiba saatnya gwa mati gantian orang-orang yang akan cerita tentang gwa” (Norman Edwin)

Itulah kata pembuka di buku biografinya Norman Edwin yang ditulis oleh Ganezh dan diterbitkan oleh Penerbit Andi.

Judul: Jejak Sang Beruang Gunung
Penulis: Ganezh
Penerbit: Andi
Halaman: 298

Buku yang menceritakan kisah hidup seorang pendaki handal, bertalenta dan multidimensi yang pernah di miliki bangsa Indonesia, Norman Edwin, yang dikenal tidak hanya sebagai pendaki gunung saja sekaligus juga sebagai caver ulung, rafter, skipper handal dan berbagai skill petualangan lainya ia miliki. Juga cerita mengenai petualangannya untuk menjadi seven summiters yang pertama di Asia Tenggara. Namun tragis, sang beruang gunung itu harus tewas dipelukan Devil Winds di Mt. Aconcagua, Amerika Selatan. Ekspedisi tersebut merupakan ekspedisi kelima dari tujuh rangkaian pendakian puncak-puncak tertinggi di tiap benua. Norman wafat pada ketinggian 6.700 mdpl bersama rekannya Didiek.

Banyak istilah-istilah climbing maupun teknik hidup di alam bebas yang menarik buat saya yang menjadikannya sebagai sebuah wawasan baru dan segar. Juga sejarah tentang gunung-gunung yang menjadi tujuan ekspedidi Norman dkk. Secara keseluruhan kisah hidup dan petualangan yang dikisahkan penulis pada buku ini sangat menarik dan nggak ngebosenin. Alur penceritaan yang disajikan mengingatkan saya dengan novel Into Thin Air-nya John Krakauer, Kisah Tragis Pendakian Everest.

Membaca buku ini seakan-akan kita dipaksa berada pada masa itu, sosok Norman Edwin pun menjadi terasa lebih dekat dan “ada”.

Dengan terbitnya buku ini semoga akan memicu para petualang-petualang Indonesia untuk mendokumentasikan setiap perjalanan dan ilmu mereka ke dalam tulisan. (BW 202 XV)

Tidak ada komentar